About

Mohon maaf jika blog ini telat update, dikarenakan kesibukan admin di dunia nyata...hehe
^.^ Gomen ^.^

Advertisment

Senin, 10 Januari 2011

Mengubah Open With ke Windows Shell Common Dll (Mengedit Type of File di Properties)


Mungkin teman-teman semua ada yang pernah ngalamin permasalah seperti yang saya alami. Dimana “Open With” pada Properties mengarah pada suatu Program namun, program yang kita pilih salah atau tidak sesuai dengan Format Filenya (misal: file video tapi program yang terbuka Notepad). Maka biasanya kita akan kesulitan untuk mengubah open with ke awal lagi yakni “Windows Shell Common Dll”.

Setelah mencari-cari info di mbah google begitu lama akhirnya saya menemukan cara yang cukup mudah dan simpel. Ok langsung aja kita kepermasalahannya, kayaknya sudah terlalu banyak ngomong ^_^


Pertama-tama, teman-teman
download dulu Program yang akan kita gunakan DOWNLOAD DISINI (online installer---halaman paling bawah sob!!!) atau DISINI (offline installer)

Setelah itu di Install, bila sudah diinstall buka program "Creative Element Power Tools" nya. Maka akan muncul banyak pilihan, conteng "Edit File Type Associations".







Lalu klik 'accept' dan klik tulisan berwarna biru "start file type doctor now...", maka tahap selanjutnya akan muncul banyak nama-nama file anda cari nama file yang akan anda rubah. Dan klik tulisan ' Link'.






Bila muncul tulisan seperti gambar diatas maka anda harus meremove terlebih dahulu 'actions in right-click menu' remove semua tulisan yang ada.




Bila sudah di remove semua maka klik kembali tulisan Link seperti di awal tadi. Maka akan keluar tampilan seperti ini.




Ubah tanda titik yang terdapat pada tulisa 'No Link' ke tulisan yang dibawahnya maka file type yang tadinya di blok jadi bisa dipilih. Klik tulisan nama file kita tersebut dan akan muncul banyak pilihan seperti gambar di bawah ini.




Pilih tulisan "? File" seperti di gambar lalu klik 'Accept'. Maka open with anda akan kembali ke awal lagi. Selanjutnya tinggal anda ubah file anda tadi.


^Selamat Mencoba^
Klo ada yang gagal coba dengan cara yang sederhana dengan cara klik link INI



Mohon Maaf Jika Cara Ini tidak Bisa Lagi, Karena Setelah Saya Coba Ternyata Sekarang Harus Membeli Kode terlebih Dahulu/Tidak Free, Untuk Itu Sobat Dapat Menggunakan Cara Diatas (link INI)
Thanks

73 komentar:

rental laptop mengatakan...

menarik juga nich, pantas di coba..

Adhie mengatakan...

di coba aj sob ...

Anonim mengatakan...

Thank ya gan atas infonya, info ini sangat membantu saya karna tadinya saya sempat dibuat pusing berjam2 dengan sebuah problem yang saya alami....


Fahrul

Anonim mengatakan...

thanks buat infonya,,
tapi knapa pas pada langkah terakhir pilihan "? File" ga ada dipilihannya
apa ada langkah yang kelewatan dari saya?
mohon jawabannya,,
thanks sebelumnya...

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@Anonim: seharusny ada sob, soalnya ntu pilihan dari sananya..

tapi klo sma mau mengganti format file, ada cara yg lebih mudah dgn menghlangkan tanda conteng "Hide extensions for known file types" di menu folder options pada control panel

Hengky Candra mengatakan...

Tidak bisa di download bro ......

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Hengky Candra : dicoba lagi sob, sdh saya prbaiki dan saya tes bisa kok....

klo untuk mengubah format file lbih mudah dgn cara yg saya tuliskan dikomen, tpi klau mau mncoba aplikasi ini, silahkan...thanks

Robi Nuzzaman mengatakan...

thanks, buat infonya ya...
smoga ini dpat mnyelesaikan masalah saya..

yogabama mengatakan...

info menarik gan, mohon ijin dunlut, thx

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Robi Nuzzaman : Smoga brhasil sob, thanks jg dah dteng

@ yogabama : silahkan gan :)

Anonim mengatakan...

koq gue ga ada *? file nya ya ? hehehe.. terimakasih

ZiXTeR mengatakan...

Thanks InFoNya bro... berkat anda q bisa bermain Godswar lagi...

ZiXTeR mengatakan...

tapi masih ga da Tanda -?File di opsi link

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : di coba aj lgi sob, mungkin ada langkah yg terlewat...

@ ZiXTeR : Sama" sob...coba diulangi lg sapa tau ada lngkah yg terlewat..

Unknown mengatakan...

uda ikut petunjuk diatas berulang2, tp ga nemu '?file"..

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ januardo.p.napitupulu : sdh di remove blm tulisan pada 'actions in right-click menu' nya ??

tapi klo cma mau mengganti format file, ada cara yg lebih mudah dgn menghilangkan tanda conteng pada "Hide extensions for known file types" di menu folder options pada control panel

Ardianto ridho putra mengatakan...

Bagus banget ini gan (y) gue udah muyer kemana2 nyari pembalik filenya, thanks banget

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Ardianto ridho putra : sama" sob, bgus deh klo postingan ini berguna :D

Anonim mengatakan...

kalo gadak bacaan "? File" nya kak??

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim: sdh di remove blm tulisan pada 'actions in right-click menu' nya ??

tapi klo cma mau mengganti format file, ada cara yg lebih mudah dgn menghilangkan tanda conteng pada "Hide extensions for known file types" di menu folder options pada control panel

kucc mengatakan...

mas kalo ngrubah type file dari docx mnjadi srt bs gga c pake ne ?

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ kucc : sprtinya bisa" aj, tpi lbih baik di save as aj pke micr. word ke format srt...

klo ga gunakan cara ini = hlangkan tanda conteng "Hide extensions for known file types" di menu folder options pada control panel, nanti format file .docx ny akan trlihat lalu ubah mnjadi .srt, tpi saya tidak tahu kebacanya sbg .srt atau ttp .docx (lebih baik buka pakai micr. word 07 lalu di save as dgn format yg diinginkan :D )

Anonim mengatakan...

gue ngubah format file.bin, gue gabisa bisa gan .. gada format ? file
gue udah apus smua tulisan yg di actions in right-click menu .. tapii tetep gada format ? file .. akhirnya gue pilih bin aja .. emg udh berubah iconnya kaya awal , tapi begitu gue liat properties open withnya malah unknown aplication.. bukan windows shell common file ,, alhasil file ttep gabisa gue buka ..
gue udah berulang2 kali nyoba sesuai petunjuk diatas ttep gada format ? file nyaa .. banyak juga kan diatas kejadian sama kaya guee ??
coba di jelaskan mengapa begitu ,, dan solusinya gimana , jangan coba lagi, mungkin ada langkah yg terlewat .. jadi kalo ga muncul2 terus dicoba diulang ampe lebaran kapir ??
dan 1 lagi ..
itu penjelasan yang menghilangkan tanda centang pada "Hide extensions for known file types" .. abis di ilangin centangnya terus diapakan ?? ga terjadi perubahan sama sekali dgn file guee .. mohon diperjelas langkah2 yg ilangin centang itu ..
itu beberapa kritik gue ,, dan gue minta bantuannya juga ,, hehe .. bisa terima kritik kan ??

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : wah maaf klo ga bisa klo gtu, soalnya waktu itu ane coba bisa kok, ane ga bisa jelasin secara detil karena ga tau apa yg bermasalah dari agan" semua, dan silahkan di kritik gpp kok santai a :)

untuk oake cara menghilangkan tanda centang pada "Hide extensions for known file types", saya anggap agan dah ngerti caranya ya, "Hide extensions for known file types" itu gunanya untuk memunculkan format pada suatu file, misalkan format file yg agan punya .bin, ntr pada nama filenya akan terlihat tulisan (contoh: file gue.bin), nah tulisan ".bin" ntu dihapus dan diganti dengan format file yg seharusnya (misal: file gue.flv), ini hanya misal jadi bisa di ganti sesuai type filenya apa...

semoga membantu maaf klo kurang jelas, karena bingung mnjelaskan kata" nya ....

Anonim mengatakan...

@admin : iya gan , karna gasemua orang yang mengalami masalah gini ngerti ttg "Hide extensions for known file types" .. justru rata rata yg kena masalah ini org2 awam , karna gatau, maen ganti2 open with aja .. kaya pc gue, ade gue maenin pc gue , maen ganti open with nya aja ..
gue sih lumayan ngerti pc *sedikit :D
cara yang "Hide extensions for known file types" belum gue coba karena pc udah gue system restore duluan .. akhirnya file kembali normal ..
untuk hal2 gini di jelaskan secara detail karna gasemua orang mengerti ..
sama aja kaya ada org nanya cara hiden file , agan langsung nyuruh Tool>folder option>vew>ceklis do not show hiden file .. tanpa menyuruh menghiden file yang ingin di hiden ter lebih dahulu..
so itu aja sih kritik saran gue , supaya diperjelas masalah gini,karna gasemua org yg baca artikel ini mengerti seluk beluk pc ..
makasih gan :)

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : ok deh, thanks ya kritik dan sarannya :)

Anonim mengatakan...

gan file ane kan sebelumnya .001 trus gk tau kepencet atau apa open with nya berubah jadi notepad. ane udah ngikutin cara agan tapi gk ada tuh ? File pas di link padahal ane udah remove semua right click action nya gan..kalo kaya gitu gimana caranya gan? mohon bantuannya gan :D

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : Coba buka link ini gan, ini cara ngerubah ekstensi file juga, namun caranya lebih mudah, dicoba aj dulu :)

http://adhietokekx.blogspot.com/2011/05/cara-menampilkan-ekstensi-file-windows.html

Anonim mengatakan...

gan kalo cara buka file windows shell common bisa ga ?

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : Cara buka gmn mksdnya sob??? coba liat cara di link ini mungkin lebih mudah caranya

http://adhietokekx.blogspot.com/2011/05/cara-menampilkan-ekstensi-file-windows.html

Anonim mengatakan...

kubon : saya mau nginstalin program tapi file program nya windows shell common gan , gbsa di open , nah cara pake nya gimna tuh ?

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : windows shell common ntu biasa ny muncul karena suatu file blm ada ekstensinya, klo file sobat open with ny berupa windows shell common, coba sobat tuliskn ekstensi filenya/open withnya dirubah keprogram yg sesuai dgn program sobat

Misalnya: klo file sobat trsebut berupa lagu, dibelakang namanya tambahkan ekstensi file ".mp3" atau buka properti lalu open withnya dirubah ke winamp maka file langsung berformat mp3

Smoga membantu :)

Referensi_Pendidikan_hiburan mengatakan...

gua mo ngedit file @.srt buat subtitle film. bisa ngga' dengan apps ini??? mohon pencerahan. cox gw agak buta di prog. ginian..thanks be4

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Referensi_Pendidikan_hiburan : bisa sob, tpi software ini dah ga free, mnding pake cara dilink yg saya kasih ini, klo krng jelas boleh ditanyakan :)

http://adhietokekx.blogspot.com/2011/05/cara-menampilkan-ekstensi-file-windows.html

Anonim mengatakan...

kubon : nah ini sya gtau gan ini file nya berupa apa soalnya , jd gini ceritanya saya download program prehacked framework nah pas udah di download file nya tuh format nya windows shell common nah pas di klik dia minta open with , udh saya coba pake web buka nya cuma gbisa juga file not found gitu gan , ,

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim Kubon : klo open withnya ke web jelas aja dia ga kebaca gan, klo memang ntu file berupa program coba sobat rubah ekstensi filenya menjadi ".exe", klo memang benar nanti filenya akan terbaca setelah di refresh dan terbacanya sbagai aplikasi

Silahkan dicoba dulu sob, klo ga tau merubah file ekstensi nya liat diakhir postingan ane yg di atas :)

Anonim mengatakan...

kubon : masih g kebuka sob :( kebuka sih cuma pas di klik beberapa detik kemudian ilang lagi

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim Kubon : mksdnya ilang gmn sob, susah jg klo ga lngsung praktek...hehe

mending download ulang aj sob, cri yg sdh berformat .exe klo brupa program jd ga repot :)

Anonim mengatakan...

kubon : g ada sob saya udah nyari ngubek ngubek google download program prehacker framework semua sama file format nya windows shell common udah brapakali download di web yang beda :(
kalo ngga gini deh sob coba download prehacked framework 3.5 kalo bisa kasih tau saya :)

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim Kubon : coba download di link yg ane kasih dibawah sob

http://www.4shared.com/file/1LdfQTlv/dotNET_Framework_35_Setup.html
atau
http://www.softpedia.com/get/Others/Signatures-Updates/Microsoft-NET-Framework-Pre-Release.shtml

Anonim mengatakan...

kubon : "Link file yang anda minta tidak berlaku" sob ,, itu net framework sama emang sama prehacked framework sob ?

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim Kubon : spertinya beda sob, klo boleh ane minta link download sobat aj, tpi klo ukuran file ga besar ane mau download :)

ane nyari prehacked framework kebukanya netframework mulu :(

Anonim mengatakan...

kubon : lupa lagi sob link nya :(
kalo cara ngisi survey bisa g sob ?
nih saya kasih link buat cheat game tapi download nya harus pake survey segala
http://ddtank-hack-download.blogspot.com/

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim kubon : wah...ribet jg sob dah ane coba cuma muter" aj

Ada sih caranya tpi ane cba blm bisa soalnya survey removernya blm update, klo mau nyoba nih linknya

http://survey-remover.com/bookmarklet/

Anonim mengatakan...

kubon : bribet juga ya sob hahaha yaudah makasih bantuan nya sob :)

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim kubon : sama-sama sob, jgn sungkan" :)

arifki merdekaa mengatakan...

TENGKYU GAN...
MANSTAB...!!

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ arifki merdekaa : sama-sama gan :)

Anonim mengatakan...

kubon : gan bantu cariin permission key nya xjz survey remover dong :(

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ kubon : wah ane ga tau jg gan, klo mau buka biasanya make cara Bookmarklet ntu aj, kadang bisa kadang gak, sdh dicoba blm gan???

anak-jelex mengatakan...

wah.... mantaph negh tutorial nya.. hehe

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ anak-jelex : smga brguna sob :)

Anonim mengatakan...

kubon : udah di coba tapi ini invalid permision key katanya gan :(

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ kubon : brarti xjz remover nya belum update gan, klo bli yg premium mngkin bisa...hehe

mnding download di tmpat yg ga pke survey gan, bikin pusing aj, ntr malah sakit lg :D

Anonim mengatakan...

Kalo merubah file open with notepad yang terlanjur dicentang pada windows 7 tuh gimana ya????.... biar membuka filenya gak lwt notepad trs, biar setiap kali open, jadi open with lagi...

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Anonim : coba sobat mampir ke link di bawah, pnjelasannya lebih mudah :D

http://adhietokekx.blogspot.com/2011/05/cara-menampilkan-ekstensi-file-windows.html

Cari Sendiri mengatakan...

Terima kasih atas infonya..akhirnya saya bisa menjoin file yang saya download...terima kasih banyak..suksessss...

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ Cari Sendiri : sama-sama sob :D

kahfi mengatakan...

gan gak bisa di download
pas di klik masuknya ke google terjemahan...?

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ kahfi : bisa sob, tmpt downloadnya di hlman bawah/download yg offline aj

tpi sdh ane coba klo mau aplikasi ini, harus byr dulu sob, mnding pke cara DISINI sob

ImandaSyahrul mengatakan...

thanks ya untuk caranya,tapi saya liat gak ada"? file"di langkah akhir...
apa ada yang ke lewat atw "? file"nya harus di download...
please jawabanya tapi saya juga terimakasih atas tipnya ya..
saya juga bakal ngasih tip kalo mau download bakal cepat sobat..
caranya ke shimory.com langsung ada bar kosong yang harus diisi oleh link http downloadnya...
misal(http:www.fileserve.com/?./675445gh)and enter...
shimory akan mengeriti maksud link tadi misal link download fileserve akan berubah jadi file (narutoindavadre.rar)waktu download file asalnya 1 hour menjadi 50%dari semula...
tapi perbandingan gagalnya adalah60%...
(maaf bila ada kata-kata yang gak sopan bila ingin nyerang saya pake rasengan atw sebagainya,saya pasang anti spam yang cuma bisa di terobos pake amaterasunya sasuke..hee)makasih ya

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ web games : spertinya aplikasi ini sdh agak sulit gan, ane aj ga bisa make lg harus bli dulu

Klo mau ganti type of file ny mending liat cara yg DISINI gan, lebih mudah dan simple

Thanks jg ya atas tips" ny :D

ibackbone mengatakan...

thanks berat brooo... nie solusi yg aq cari.. sukses trus buat blog ente...

AdHiE ToKeKx mengatakan...

@ ibackbone : sama" sob

Unknown mengatakan...

hebatt, tmksihh gan (y)

Anonim mengatakan...

gan sorry kalo link yang ada di atas gak bisa di download lagi gan.ane juga dah pake cara yang agan kasih cuman kaga bisa gan.udah ane ubah ke .tlb tapi open with nya jadi adobe reader gan.

Anonim mengatakan...

Nice weblog right here! Additionally your web site rather a
lot up fast! What web host are you using? Can I get your affiliate hyperlink for your host?
I want my web site loaded up as quickly as yours lol
Also visit my site how to get rid of acne fast

Anonim mengatakan...

good job bro... thanks...

Unknown mengatakan...

sekedar masukan ane berhasil koq,walaupun file "?file" gak ada sebagai gantinya silahkan pilih "tlb" pasti succes,....okayyyyyy!!!

Unknown mengatakan...

Kalo ".File" nya tidak ada, kita bisa buat sendiri kok kawan. caranya, klik "New" disebelah link tadi, di kolom "type extension" di pojok kanan atas, ketik aja "File" trus accept, dah deh. Ntar kan pilihan extensi file(Windows Common Shell) ada di Pilihan "Link". Ty

Anonim mengatakan...

makasih banyak masbro. programnya bener2 working...
makasih juga buat @venino egi atas sarannya. sya cari "?file", ga ada. juga udah saya uncheck "hide extension for known file types", tetep aja gitu. btw, semoga makin jaya (apaan dah...)

malang.blogspot.com mengatakan...

bang kok di program ku g da yg "? File" ?

Yurii mengatakan...

gan kalo microsoft visual studio nya tiba tiba hilang cara ngembalikinnya gimana

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijak, serta memberikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Klo melanggar ntr ane Gomu Gomu No dan ane Rasengan biar masuk ke SPAM...hehe

Jangan lupa supportnya juga untuk blog ini dengan meng-klik iklan di blog ini ya :D

^^ Thanks ^^